Lawas itu oke loh!

Sore tadi, gue nonton acara konser musik SM*SH di TV. Yah...sebenernya gue bukan pecinta SM*SH sih...tadi cuma buat rame-ramean aja di kamar kos. Fans SM*SH banyak juga ternyata. Bukan cuma SM*SH doang sih...fans boyband lain banyak juga, maklum sekarang lagi jaman-jamannya boyband tumbuh subur kayak jamur di Indonesia. Gaya berpakaian dan musik mereka pokoknya dibuat sedemikian rupa sama persis kayak boyband korea deeeeh. Bahkan boyband Indonesia ada yang personilnya orang korea asli. Bingung juga maksudnya mereka apa :/

Ngomong-ngomong, si SM*SH tadi bawain suatu lagu judulnya "Oh Ya". Di antara lagu-lagu yang mereka bawain, ini yang paling gue suka. Gue lihat siapa penciptanya, ternyata Dian Pramana Putra/Deddy Dhukun (bukan Alam "mbah dukun" looh). Gue inget mereka ini penyanyi tahun 80-an. Gue search di youtube, eeh emang bener itu lagu mereka trus dicover sama SM*SH (pantes enak). Seketika gue inget lagi jaman ketika gue masih kecil. Lagu jaman dulu enak-enak banget, ga norak, kreatif, dan liriknya dibuat bener-bener, ga asal-asalan. Gue bukan pengamat musik ataupun orang yang expert banget dalam hal musik. Cuma menurut gue pribadi, musik jaman sekarang lebih mengutamakan pasar ketimbang musik itu sendiri. Kalo lagi jaman melayu total, semuanya bikin lagu melayu. Kalo lagi jaman boyband korea, ya semuanya bikin boyband dan girlband (mungkin kalo ntar lagi jaman lagu Bollywood, semuanya pada buat lagu india kali). Pokoknya disetiap acara musik, yang nongol boyband girlband mulu deh... Tapi untungnya masih ada juga sih yang bukan boyband dan girlband. Gue generasi 90-an sih...yah jaman-jaman keemasan musik Indonesia setelah tahun 80-an. Untungnya gue kelahiran 93, jadi masih bisa ngerasain ke "dewaan" lagu-lagu jadul. Warna, The Groove, Reza, Andien, Sheila on 7, Chrisye, Dewa 19, Kla Project, 2D, Utha Likumahuwa, Kahitna, Iwan Fals, Vina Panduwinata adalah beberapa contoh musisi jaman dulu yang termasuk fenomenal. Ya masih banya sih musisi jadul yang fenomenal. Sebenernya, lagu lawas kalo dilihat-lihat banyak yang galau...cuma tipe kegalauan diliriknya beda sama galaunya sekarang, ga mendayu-dayu. Mereka juga ga melulu buat lagu galau...ada juga yang menceritakan kekuasaan Tuhan atau yang lain. Contohnya kayak Negeri di Atas Awan-nya Katon Bagaskara, atau Kidung-nya Chrisye. Paling favorit sih Yogyakarta-nya Kla Project (mentang-mentang kuliah di jogja wkwkwkwkw), tapi asli kalo gue udah lulus, pasti lagu itu bakal jadi kenangan banget. Ngomong tentang kenangan, gara-gara gue kangen sama lagu-lagu jadul akhirnya sekarang tiap malem kerjaan gue buka-bukain youtube mulu nyari lagu-lagu jadul. Inget masa-masa muda dulu....eh masa kecil deng wkwk (berasa udah tua).

Oh iya, ini lagu yang gue bilang enak itu. Judulnya "Oh Ya", yang nyanyi K3S. Ngetop banget ternyata di tahun 1985...



Waktu semakin malam, waktu yang pas untuk bernostalgia lagi dengan kehidupan masa kecil yang bahagia. Memang, oldies never die! 

No comments:

Post a Comment