Home...Sweet Sweet La La~~~

Sudah 3 hari gue ada di (selatan) Jakarta, tepatnya di rumah tercinta...yeeep, di Ciputat Bersahaja! (Gamau kalah sama Yogyakarta berhati nyaman hehe), terhitung semenjak hari Rabu kemaren. Akhirnya setelah 6 bulan ga pulang-pulang kayak bang toyyib, gue bisa pulang juga kesini :". Baru terasa juga rasanya jadi anak rantau itu gimana ketika lo pertama menginjakkan kaki di rumah setelah 6 bulan ga pulang. Bahagianya luarrr biasa banget! hehehe. Beda banget ya rasanya kalo sering bolak balik rumah kayak dulu semester 1...ga ada feel-feelnya jadi anak rantau. Gue ga bisa bayangin gimana rasanya jadi temen gue yang udah setahun ga pulang-pulang ke rumahnya. Apalagi rumahnya nun jauh di mato...di Gorontalo (puk puk makmur). 

Meskipun "cuma" 6 bulan gue ga pulang-pulang, ternyata banyak banget ya yang berubah. Jakarta, rumah gue, Ciputat, dan penampakan keluarga gue (lo kira dedemit -_-). Contohnya, adek gue yang cowok, si alvin sekarang udah pake kacamata gara-gara silinder, trus perutnya makin gendut kayk om-om beranak 10 karena kerjaanya makan mulu. Ga paham gue dia makan apa sampe perutnya terlihat "bahagia". Adek gue yang cewek, si ana semakin tinggi badannya, mungkin 1 cm dibawah gue dan dia bahagia banget karena bisa balapan tinggi sama gue (susah cari cowok tinggi baru tau rasa lo na). Kemaren, dateng ponakan gue yang baru 3 tahun udah bisa nyanyi macem-macem (bahkan nyanyi lagu doraemon pake bahasa jepang juga hafal banget, padahal gue ga bisa ._.). Namanya Gilang. Lucuuu banget :3 Suasana rumah banyak yang berubah. Gorden udah ganti, mesin cuci udah ganti, toilet mbak udah ganti, bahkan sendal jepit papa pun udah ganti...bukan swallow lagi tapi zandillac! 

Suasana di kota santri juga banyak yang berubah...mmm maksudnya kota Jakarta, contohnya waktu abis di jemput seorang teman dari stasiun dan lewat jalan Thamrin, eeeeh tiba-tiba liat patung baru yang guede banget mejeng pake tongkat di pinggir jalan (seketika takjub sambil mangap), gatau patung siapa, mungkin Thamrin kali ya? Kayaknya dia ga mau kalah gitu sama Jenderal Sudirman yang udah lebih dulu mejeng dan tetap setia hormat di pinggir jalan. Pas udah sampe Ciputat, ada juga yang berubah. Masjid UIN jadi lebih terlihat luas karena pagarnya diruntuhin. Trus semakin takjub sama fenomena Sevel alias Seven Eleven yang udah menjamur kayak indomaret. Di deket rumah gue sekarang bahkan udah ada! Gelinding dikit juga nyampe kali dari rumah. Diprediksikan, adek-adek gue yang masih bocah-bocah "umbelan" ini bakal jadi anak gaul Sevel karena deket banget sama rumah -__-. Hari ini ke gue ke SD dan SMA adek gue, yang dulu juga SD dan SMP gue yaitu Madrasah Pembangunan buat bayaran sekolah mereka. Adek gue yang cewek sekarang udah kelas 1 SMA di MP (yak, 12 tahun di MP, plus TK di samping MP jadi 14 tahun. Setia banget emang dia sama MP~) dan yang cowok naik kelas 6 SD. Gue menghabiskan hidup gue di MP 9 tahun, dari SD sampai SMP, tapi TK nya di sebelah MP juga siih. Yah 11 tahun lah disini. Hari ini gue ke MP sama adek gue yang cowok. O iya, jangan bayangin MP itu sebuah madrasah yang kolot yang ga modern bangunannya dan ga menarik. Pertama masuk gerbang MP, sekilas penampakan MP ga ada yang berubah. Sampai akhirnya adek gue bilang "Sekarang di dalem MP udah ada bank nya juga loooooh" (dengan muka bangga), mulut gue secara spontan langsung mangap lebar (entah kenapa suka banget mangap) sambil berkata "WOWWWWWWWWWWWWWWW" dengan mata membelak karena super dupeer takjub sama sekolah yang satu ini. Ruang TU juga berubah, jadi makin luas. Lapangan bola, semakin canggih karena sekarang ada lampu sorotnya buat pertandingan malem (padahal dulu jaman gue dulu ga boleh ada pertandingan malem hmm). Masjid? Makin mempesona bangunannya, makin gede pula. Bahkan sekarang juga ada taman burung. Maju banget emang sekarang MP. Ketika lewat lapangan basket, gue teringat lagi sama jaman-jaman SMP dulu...abis pulang sekolah, gue dan temen gue suka tidur-tiduran di tengah lapangan basket sambil mandang langit yang udah mulai gelap. Novel banget ya? hahahaha. Sekarang kalo gue tidur-tiduran disitu mau dikata apa sama orang-orang -_-. Gue juga seneng pegawai-pegawai di MP masih pada inget gue...biasaaaaaa, artis sekolah nih jadi masih pada inget hahahaha. Terkadang cuma ada yang inget muka gue doang, maklum sih udah 4 tahun ga ketemu hehe. Sayangnya hari ini gue ga ketemu sama guru-guru SD dan SMP gue. 

Setelah dari MP, seketika gue pengen ayam penyet deket MP yang super nendang banget enaknya dan rasanya udah tersohor banget sampe masuk majalah kuliner! (bangga banget) Hohoho. Akhirnya gue ngajak adek gue kesitu. Di deket situ juga gue ga lupa beli cireng langganan gue dulu saat masih SMP. Ga tau kenapa cireng disitu enak banget, ga ada yang bisa nyaingin rasanya (padahal cuma seonggok cireng). Setelah beli gorengan cireng, akhirnya kita ke tempat ayam penyet. Sayang banget, ayam penyetnya baru buka (keciwa beraaaaaaat hewww). Trus timbul niat untuk makan mie aceh samudra pasee di situ gintung, tapi akhirnya juga ga kesampaian karena liat kantong lagi tipis hehe. 

Sudah 3 hari gue disini, berarti tinggal 3 hari lagi gue disini. Yap, besok senin gue harus kembali ke Jogja untuk kembali kuliah semester pendek. Agak sedih sih karena disini cuma sebentar. Apalagi kembali ke rumah mungkin di pertengahan puasa, mendekati lebaran. Tapi apa daya, di Jogja masih banyak urusan yang harus diselesaikan. Sebenernya gue betah aja sih hidup di Jogja, tanpa sering bolak-balik kayak temen gue yang hobi banget tiap ada libur dikit pulang ke rumah. Suasana Jogja nyaman kok, pemandangannya luar biasa indah, orang-orangnya ramah, temen-temen dan kakak kelas gue juga pada baik. Cuma dibalik semua "indahnya" hidup di Jogja, hidup kayaknya masih ada yang kuraaang aja karena lo hidup udah misah sama keluarga lo, jauh dari lingkungan dimana lo tumbuh (melow mode on). Jujur, awal-awal tinggal di Jogja dan masuk diperkuliahan hidup rasanya susaaaah banget, sampe pernah nangis bahkan karena kangen sama keluarga...apalagi sama si alvin (sekali doang hehe). Udah gitu dosen juga pada ga jelas kalo nerangin, nilai juga absurd. Sekarang Alhamdulillah udah mulai terbiasa dengan kehidupan Jogja dan keabsurdan dunia perkuliahan. Ya ini lah hidup. Ketika lo punya keinginan untuk meng upgrade diri, pengen melihat dunia lebih luas, lo harus berani keluar dari "cangkang" lo, keluar dari comfort zone lo. Ya kayak gini contohnya, hidup jauh dari ortu demi mencari ilmu dan lebih melihat kehidupan masyarakat di daerah yang berbeda. Pengennya sih tetap hidup di dalam zona nyaman sambil melihat dunia yang indah hehe. Tapi gue teringat sama kata-kata guru SMA gue yang dewa banget kalo masalah memotivasi orang (lebih maut daripada Mari* T*guh bahkan). Beliau bilang gini, "Lo harus berani keluar dari zona nyaman lo. Kalo hidup tetep di zona nyaman terus, gimana mau berkembang?". Yap, kata-kata itu adalah salah satu kata "ajaib" gue sampai saat ini, kata-kata untuk memacu gue supaya ga berdiam diri aja di zona nyaman. Semoga kata-kata ini juga jadi kata-kata ajaib buat pembaca blog ini :))

No comments:

Post a Comment