Come Back!

Halo kembali dunia blog! Ga kerasa udah lama banget ga ngeblog. Postingan terakhir tahun 2010, itu artinya gue masih kelas 2 SMA...masih jadi ababil gaul yang lagi mencari jati dirinya di saat umurnya yang ke-17 tahun (berasa kera sakti dan tom sam cong yang lagi mengembara ke utara). Sekarang gue sih udah kuliah semester 2 di Fakultas Hukum di suatu PTN *biip* (dirahasiakan, ceritanya anggota BIN) di Jogja. Gatau kenapa akhir-akhir ini gue sering galau pengen kembali aktif di dunia per-blog an tapi ga bisa-bisa gara-gara koneksi di kosan syuper dyuperrrr lemot kayak keong dan juga karena kesibukan gue yang membatasi gue untuk membuka laptop dan membuka blog (gayamuuuu....tapi beneran). Akhirnyaaaaaaa, hari ini gue mencoba menulis blog ini setelah sekian lama terbengkalai. This is the perfect time, mengingat gue lagi magabut setelah selesai UAS, ga ada kekasih hati yang menemani di malam minggu (backsound: lagu galau armada, gatau yang judulnya apa. pokoknya harus armada), terpacu sama temen-temen dan kakak kelas yang Subhanallaaah, Masya Allaah aktif bener ngeblognya trus bagus-bagus bener tulisannya dan tentunya yang paling utama sih adanya niat yang tulus buat ngeblog lagi (uwwwwwwwwwwwhh).  Setelah vakum lama banget ini rasanya pengeeeen banget posting yang banyak juga (ya kali, yang ada gue di block sama abang-abang admin gara-gara udah over capacity), tapi jangan deh, ntar di block beneran lagi hehe. O iya, ngomong-ngomong sekarang penampakan gue kayak ini 


Bedakan sama yang ini

(coba tebak, yang mana yang sekarang, yang mana pas SMA?)

Ngerasa ada yang beda ga? People change! Yessss, tanpa disadari, mau ga mau, suka ga suka, disengaja atau engga, terima ga terima, suatu saat kita akan berubah. Ya mungkin perubahan yang ga mau diterima dan yang ga disukai salah satunya kayak perubahan muka yang udah mulai mengkerut-kerut gara-gara dimakan usia, atau perubahan bentuk badan yang udah mulai membengkak kayak gajah lampung (ceritanya curhat dikit). Temen-temen SMA gue rata-rata banyak yang berubah juga. Secara penampilan, ada yang berubah kayak ibu-ibu pengajian, ada juga yang berubah jadi tante-tante yang masuk kampus (make up tebel banget bo!), ada juga yang kayak mas-mas pengganguran karena penampilan kayak ga diurus gitu (muka brewokan, ga pernah mandi, rambut ga pernah keramas, gondrong lagi banyak kutunya kayaknya hiii), ada juga yang tadinya nerd di SMA suka di cak-cakin, sekarang di kampus di kejar-kejar cewek, jadi cowok pujaan, atau yang tadinya alim di SMA, di kampus malah begundal dan binal (wah yang ini jangan ditiru), bahkan ada juga mantan preman SMA yang kerjaannya suka gebukin anak orang sekarang udah tobat dan mendalami karirnya sebagai aktivis kampus. Yaa ada juga sih yang hidupnya tetep gitu-gitu aja monoton ga mau berubah-berubah. Gue? Mungkin udah ada perubahan "sedikit", entah itu perubahan sifat, perilaku, pola pikir atau bahkan fisik (yang terakhir yang paling yakin banget emang). Kalau ditanya perubahan riil apa yang udah terjadi sama gue? Perubahan umur lah! (nenek gayung sama kakek cangkul juga tau). Hmm mungkin pertanyaan yang tepat itu "perubahan riil apa yang udah lo lakukan?" (kalo gini kesannya gue pake usaha kan). Gue rasa contoh yang paling keliatan ya mungkin cara menulis gue yang udah agak berbeda dibanding semasa SMA dulu. Postingan blog semasa SMA kebanyakan bahasanya absurd banget, pecicilan banget dan rada labil dikit sih kalo harus jujur banget (brb ngumpet dibalik cadar). Kalo sekarang mungkin lebih serius dikit...namanya juga udah jadi mahasiswa (hmmm pencitraan). Sepele sih, tapi perubahan dimulai dari hal-hal kecil kan? Sebenernya sekarang lagi mencoba dan berusaha untuk merubah pola pikir, entah itu pola pikir yang menjadi lebih dewasa, bijaksana, kritis, atau lebih rasional. 

Perubahan yang agak "susah" itu sebenernya berubah untuk berusaha lebih ikhlas. Lagi mencoba sih...meskipun agak "susah". Selain itu jangan lupain juga perubahan untuk lebih mendengar, lebih menerima, menghargai, dan lebih terbuka sama orang lain. Hm tapi gue lagi ga sepenuhnya berubah menjadi lebih baik. Harus gue akui emang ada perubahan yang buruk di dalam diri gue semenjak kuliah. Ya, pendegradasian rasa ingin membaca gue. Dulu pas jaman-jamannya sekolah, tiap malem kerjaan browsing internet, baca-baca tentang hal-hal baru yang nambah ilmu. Kalo sekarang? Magabut dikit, langsung kepo-kepo akun twitter atau fb orang (salah banget ini fix -_-). Dulu suka baca-baca buku non akademis dari novel sampe jenis buku-buku lain yang bikin jidat mengkerut. Bahkan disertasi murid-murid bokap gue bacain juga saking isengnya (ini iseng apa ga ada kerjaan...), sekarang kosong dikit, tiduuuur mulu kerjaan (ga heran badan menggendut kayak hamster). Ada lagi dulu tiap malem abis dari sekolah baca koran sebelum tidur. Sekarang? Jaraaaang banget baca koran. Sekalinya baca paling pas lagi di DEMA. Ya pernah sih langganan, tapi akhirnya ga dibaca semua, cuma tergeletak di pojok kamar kosan. Mau langganan lagi, ga punya duit (maklum anak kosan...koran sebulan 300 ribuan T_T).

Terlepas dari kedegradasian gue, gue tetep mencoba untuk berubah dan mencoba menghidupkan lagi semangat buat baca. Ya intinya sih diperkuliahan ini gue mau berubah...ga mau masih terjebak dalam "kelakuan ababil" SMA yang kerjaannya cuma seneng-seneng aja, masih apatis sama lingkungan sekitar.   Malu juga kali udah mahasiswa masih kayak anak SMA...bukan mukanya tapi kelakuannya (kalo mukanya gapapa sih ga berubah dari SMA hehe). Beruntung banget gue sekarang kuliah ditempat yang tepat. Disini gue bisa ketemu orang-orang hebat, yang hebat pemikirannya, prinsip dan filosofi hidupnya, ideologinya. Secara perlahan, mereka membawa perubahan buat gue, secara ga langsung dan tanpa mereka rasa dan mereka sadari sih. Sekali lagi gue bersyukur banget sama Allah. Mungkin emang udah takdirnya gue ditempatin disini kali biar belajar sama mereka hehe. Ada quote yang menarik,

Everyone thinks of changing the world, but no one thinks of changing himself.”  
 (Leo Tolstoy)

Intinya, kata si Leo Tolstoy, jangan sampe kita semua cuma mikir buat merubah dunia melulu tapi ga pernah berpikir untuk merubah diri sendiri dulu menjadi lebih baik. Yuk, sama-sama berubah yuuuuk.


No comments:

Post a Comment