Selamat Datang, Rutinitas Baru!

Setelah sekian lama gue ga ngeblog karena asalan-alasan manusiawi kayak banyak kerjaan, ga ada waktu (ini bohong), dan penyakit males akhirnya gue iseng ngeblog lagi. Di saat gue mengalami kegabutan yang luar biasa ditengah malam ini, gue memutuskan buat ngeblog. O iya, sekarang gue punya kegiatan baru yang udah gue mulai sejak akhir Desember lalu, ikut lomba MCC. Apa sih MCC? MCC atau Moot Court Competition adalah lomba peradilan semu. Lo disini belajar beracara. Kebetulan temanya tentang Pengadilan Pelanggaran HAM yang Berat, maka kita belajar beracara tentang pelanggaran HAM yang berat. Awalnya gue ikut ini dengan penuh kebimbangan...agak setengah hati kalo ngebayangin persiapan untuk lomba ini. Banyak godaannya untuk ga ikut lomba ini. Untuk interview aja agak maju mundur. Sempet hampir ga jadi. Waktu itu berdua sama Ronny yang sama-sama masih pemula dalam MCC. Kita berdua ga pede, sampe akhirnya kita nekat dan setelah interview kita dinyatakan resmi dalam tim. Maka, ga ada pilihan lain untuk mundur atau keluar walaupun waktu itu ditawarkan sama senior pembimbing. Sebenernya gue bisa aja mundur, tapi prinsip gue adalah kalo lo udah masuk ke "lingkaran setan", ya udah jalanin aja, karena lo udah memilih jalan itu, itu konsekuensi loh. Bener ga? Ya gue akhirnya menjalani meskipun waktu itu masih setengah hati..Ronny pun sama...di tengah jalan akhirnya dia pun mundur karena alasan amanah. Di tim pun, Gue pun mengalami kendala, ya belum bisa beradaptasi sama orang2nya lah, ya guenya masih ga pede lah karena mayoritas dari mereka udah pernah ikut meskipun itu MCC internal, dan lainnya. Kebetulan persiapan lomba ini juga bertepatan dengan liburan semester ganjil, jadi lumayan memakan waktu liburan selama hampir sebulan. Waktu itu cuma sempet pulang ke rumah 5 hari, setelah itu setiap harinya dari jam 8 pagi sampe jam 9 pergi ke kampus menghabiskan sisa-sisa liburan di jogja untuk persiapan lomba ini. Persiapannya membuat berkas penyidikan, penyelidikan, penuntutan, dan persidangan. Tuh kan bisa dibayangin kalo ga kuat mental bisa langsung keluar ditengah-tengah "karantina". Belum lagi godaan-godaan yang datang silih berganti, ajakan untuk main-main ke pantai, atau ngecamp, atau main ke gunung sangat menggiurkan. Yah tapi dorongan buat mencoba hal yang baru lebih kuat, biarlah sekarang berkorban dulu toh Insya Allah pasti dapat ganjaran yang lebih baik dari Allah (amin!).
Setelah menjalani selama beberapa minggu...sekitar sebulan, banyak pelajaran-pelajaran yang gue dapet dari MCC, selain itu pastinya dapet keluarga baru. Untungnya orang-orang di tim ini adalah orang-orang yang kooperatif, ga kaku kayak di tim-tim lain, kerjanya juga ga santai tapi serius, senior pembimbing kami juga ga "militer" banget (katanya orang-orang sih gitu), mayoritas juga orang-orang di tim ini udah gue kenal sebelumnya, jadi agak mudah untuk beradaptasi sama orang-orang ini. Bahkan kita sering ngebanyol karena isinya orang yang bercandaan semua. Banyak pelajaran yang ga gue dapet di bangku perkuliahan, tapi gue dapet disini, pelajaran hidup pun sama, Alhamdulillah gara-gara MCC juga ada senior di tim yang pada akhirnya memutuskan untuk pake jilbab. 
Sekarang sebulan sudah berlalu, berkas-berkas persidangan juga kemarin lusa sudah dikirim. Akhirnya pekerjaan kami udah 25%, tinggal 75% lagi, mempersiapkan untuk presentasi Maret nanti di UNPAD, dan kalo lolos final Insya Allah April perform persidangan. Semoga apa yang kami kerjakan selama ini membuahkan hasil yang baik dan memuaskan. Amin, Insya Allah :D

No comments:

Post a Comment