Hidup Tak Selamanya Seperti yang Kita Bayangkan, Kawan

Itulah kata-kata yang tadi pagi gua dapet dari mas gua pas lagi ngobrol-ngobrol santai tentang kiat-kiat masuk PTN (dan kiat merayu bokap dengan rayuan maut). Well, gitu-gitu mas gua yang songong dan cuek itu dosen UGM jurusan ilmu politik loh (tolong jangan bayangin kalo dia udah tua blangkotan -___-). Mas gua nanya gua abis SMA pengen masuk mana. Gua jabarin gua pengennya masuk PTN A, jurusan B, mau jadi C, satu jawaban: hidup itu ga seperti yang lo bayangkan. Bisa aja di tengah jalan ada halangan-halangan karena hidup itu tidak datar. Yah emang bener. Jadi atas saran mas gua sebaiknya gua milih jurusan dan pekerjaan yang secara emang yang kira-kira possible dan sesuai sama gua.

Mas gua bilang sebenernya yang bikin pekerjaan lo cocok sama lo nya sendiri itu yang berdasarkan bakat lo. misal bakat lo pinter ngomong atau ngelobi orang lah. Ya jadilah diplomat atau apa lah yang berhubungan sama itu. Kalo bakat lo main bulu tangkis ya ga usah sekolah aja, konsetrasi aja sama bulu tangkisnya. Tadi gua nanya, bakat di liat dari mana? dari kegiatan apa yang lo sukain. Jadi emang lebih baik kalo nanti jurusan kita klop sama bakat yang kita, yang paling susah memang kalo lo belom tau bakat lo itu apa. Caranya? Ya carilah terus. Kadang kala bakat bisa muncul di saat-saat yang tidak tepat yang bisa aja ga kita sadari.

Terkadang jurusan itu jadi ga penting kalo kita udah tau bakat kita apa dan jurusan sama bakat kita berlawanan. Yah penting juga sih kalo misalkan tiba-tiba suatu hari lo di tanya "jurusan mana?". IPK juga gitu, kadang ga penting kalo lo emang niatnya pengen jadi pengusaha. Tapi penting juga kalo lo mau nerusin kuliah, jadi dosen, atau pegawai (kalo IPK sih emang kebanyakan penting ya :hammer:)


so apapun pilihan lo, keep moving forward guys! (quotation from "Meet The Robinson")

No comments:

Post a Comment